Ada banyak merek spray gun yang ada dipasaran . Untuk Pemula hal ini tidak terlalu penting untuk yang baru belajar mengecat. Anda dapat menggunakan merek spraygun apa saja untuk mencoba semprot sana semprot sini.
Untuk mengetahui berbagai macam spray gun anda bisa mengecek di toko cat mobil terdekat atau auto body store di kota anda. Anda akan mendapatkan informasi harga mulai dari sekitar Rp.80 rb sampai dengan jutaan rupiah tergantung dengan merek dan tingkat kualitas presisi. Cangkir tempat cat biasanya sudah termasuk dalam harga tercantum atau mungkin juga tersedia dalam bentuk aksesorisnya dengan harga tertentu tergantung masing - masing kegunaan dan kualitas spraygun.
Selain spray gun, anda juga dapat membeli bagian kepala spray gun yang menempel di spray gun dan juga sambungan katup suplai udara ( Di toko acessoris yang lengkap biasanya tersedia ). Kegunaan dari Nozzle / kepala spray gun adalah untuk membantu untuk menyempurnakan setting tekanan udara pada spray gun sehingga pola penyemprotan cat maksimal. Nantinya kita akan membahas lebih banyak tentang bagaimana mengatur / setting pola semprotan spray gun yang sempurna.
Jadi faktor pertimbangan apa yang paling penting dalam membeli spray gun ?
Jawabanya adalah tentu spray gun yang berkualitas. Belilah spray gun yang sudah terbukti awet dan tersedia suku cadangnya sehingga kita mudah untuk mendapatkanya apabila terjadi kerusakan pada spraygun. Daripada membeli merk spraygun import yang belum jelas dan mahal harganya, tentunya nanti juga akan merogoh kocek pengeluaran anda lebih dalam. cobalah sekali lagi mengecek di toko cat mobil atau toko peralatan dikota anda.
Apabila memungkinkan dan di toko tersebut ada sales representativenya yang memilili pengetahuan dan pengalaman langsung dari spraygun tersebut, berarti anda sangat beruntung dengan mendapatkan informasi dan literatur produk spraygunsecara langsung. Contoh misal : seperti kita ketahui kadang buku panduan spraygun tersebut menyarankan cara penyetingan tekanan udara pada jumlah bar tertentu. Sedangkan spray gun yang baru kita beli kadang tidak dapat digunakan pada bengkel kita yang menggunakan kompresor lebih kecil atau lebih besar dengan ukuran pk nya. Jika Anda tidak pernah mengetahui informasi dari orang yang berpengalaman langsung dengan spraygun tersebut kemungkinan spray gun anda tidak pernah anda operasikan dengan benar dan maksimal. Sehingga sangat mutlak anda meminta rekomendasi orang yang lebih berpengalaman ( dipraktekan ). Ingat, yang dapat mengecat dengan mengecat dengan baik tidaklah sama.
Apabila anda menggunakan spraygun konvensional (model lama) tekanan udara yang diperlukan kadang melebihi 60 psi. Dengan tekanan udara yang cukup tinggi ke permukaan bidang yang akan dicat akan menimbulkan lebih dari 65% dari bahan tersebut hilang karena cara penyemprotan yang berlebihan. Selain itu, tekanan udara yang tinggi beresiko menerbangkan debu dan kotoran yang akan jatuh pada bidang pengecatan dan akan menimbulkan ketidak sempurnaan hasil pengecatan.
Solusi yang lebih praktis adalah mengurangi tekanan angin pada kompresor anda, sehingga cat bisa keluar dari spray dengan baik dan melekat pada permukaan bidang. Secara otomatis hal ini lebih sedikit cat yang terbuang daripada penyemprotan bertekanan tinggi dan memantul pada permukaan bidang.
spraygun dan pola uji: spraygun memiliki dua sekrup setting kontrol yang terletak di bagian belakang atas dari spraygun yang berfungsi sebagai pengatur aliran udara dan pengontrol lebar semburan cat. Apabila spraygun di setting dengan benar akan menghasilkan pengecatan yang profesional dan akan awet apabila anda rajin untuk membersihkanya. Cara pembersihan akan di ulas nanti pada artikel ini.
Sekarang kita akan berlatih dan belajar bagaimana cara membuat pola semprotan yang benar, dan ini penting . Berbagai produk cat mempunyai rasio dan pola hasil semprotan yang berbeda-beda tergantung pada tekanan udara yang dianjurkan tiap produk cat. Untuk itulah anda diharuskan untuk mencoba-coba dan belajar, sehingga mempunyai ketrampilan mengenal masing masing karakteristik produk cat yang berbeda yang kemudian anda memperoleh ketrampilan dalam menyeting spraygun anda, dan mengetahui bagaimana cara mendapatkan pola semprotan yang paling bagus. Anda bisa memulai menyemprotkan pada kertas foto kecil untuk uji coba guna mendapatkan pola yang tepat. Saran saya, janganlah pernah memulai penyemprotan sebenarnya sebelum anda mendapatkan setting spraygun dan pola semprotan yang benar - benar sudah tepat.
Kadang-kadang pada waktu ditengah pengecatan ada pola yang tidak tepat. Untuk memeriksa itu, cobalah semprotkan cat pada kertas foto ujicoba tadi. Apabila ada kotoran atau perubahan pola, semprotlah dengan tekanan angin yang besar supaya kotoran yang ada didalam spraygun terbuang. Jika masih belum mau bagus coba periksa tombol tekanan udara. Jika pola masih cacat lepaskan spraygun dari selang dan bersihkan dengan seksama. Kemungkinan besar ada kotoran yang menyumbat dan pastikan sebelum anda melanjutkan kembali pengecatan.
Pada saat anda melihat pada bagian yang sulit dijangkau hasil pengecatan tidak sama, maka anda harus mengurangi tekanan udara pada spraygun anda dan mengukur area yang akan di aplikasi tersebut pada bidang lain untuk uji coba. Alternatif lain untuk memudahkan menjangkau bagian - bagian yang sulit, gunakanlah rak untuk mempermudah pengecatan. Baik itu rak yang bisa digantung, meletakan body panel, posisi miring atau mendapatkan sudut tertentu pada bidang pengecatan. Periksa kembali bagian bagian yang telah di cat dan pastikan tidak ada yang kurang dari hasil pengecatan tersebut.
Bagaimana cara membersihkan spraygun sehingga dapat selalu menghasilkan pola semprotan yang bagus dan selalu berpola sama setiap kali anda pakai untuk bermanuver?
Sebuah hal yang sangat penting untuk diingat adalah bahwa spraygun harus dibersihkan dan dipelihara secara konsisten setiap kali anda selesai menggunakanya, sehingga spraygun akan selalu bekerja dengan baik. Gelembung udara, material dapat menyumbat saluran spraygun apalagi cat yang sudah mengering dan material cat sangatlah sulit untuk dibersihkan. Anda HARUS !!! membiasakan membersihkan spray gun anda setiap kali anda selesai menggunakanya.
Isilah cangkir spraygun dengan thinner, kemudian sekalah dengan kain memutar yang akan membersikan cangir dari sisa material cat. Kemudian kosongkan thinner dengan cara menyemburkan dengan tekanan tinggi. Kemudian isi ulang kembali cangkir lagi 1/4 menggunakan thinner bersih dan semprot kali ini dengan gerakan dinamis menyumbat-membuka ujung jari ke kepala spraygun. Gerakan ini akan menghasilkan suara mendesis dan membersihkan lubang lubang di dalam spraygun ( pembersihan seperti mengocok dan mengaduk sisi dalam spraygun ). Isi kembali cangkir kira-kira 1/4 dengan thinner bersih dan semprot melalui ujung kepala spraygun sekali lagi. Pastikan Anda kemudian membersihkan cangkir secara menyeluruh.
Selanjutnya, semprot lagi dengan thinner melalui kepala dan pastikan hanya thinner yang keluar dengan bersih dan tidak adalagi cat yang tersisa, apabila masih terdapat sisa cat ulangi lagi proses diatas sampai benar - benar bersih. Saat sudah bersih, semprotkan udara kering pada spray gun untuk menghilangkan deposit thinner pada spray gun. Gunakan sikat khusus yang biasanya terdapat pada paket anda membeli spray gun untuk membersihkan sisa kotoran yang mengeras dan menyumbat pada saluran kepala spraygun atau gunakan sesuatu yang dapat menggores untuk membersihkan kotoran yang menyumbat dan mengganggu kinerja spraygun. Terakhir gunakan kain bersih untuk mengeringkan spraygun, simpanlah spraygun dengan posisi vertikal setelah dikeringkan
Memiliki spraygun yang berkualitas sangat penting untuk menghasilkan pengecatan yang profesional akan tetapi bukanlah segalanya.Cara menyemprotkan cat juga sama pentingya.
Anda harus selalu memegang spraygun pada sudut yang benar ke permukaan yang dicat dengan jarak 6-10 inci. Anda juga harus memperhatikan rekomendasi yang tertera pada manual book anda. Apabila anda tidak dapat melakukan posisi
tersebut maka pakailah tangga untuk mengecat bidang yang tinggi dan harus berjongkok pada posisi rendah. Hal ini untuk menghindari penumpukan cat pada bidang dan menimbulkan bercak-bercak atau tidak rata daya tutup catnya. Tangan anda harus bebas bergerak pada saat memegang selang udara dan jauhkan dari permukaan bidang pengecatan. Apabila anda memegang spraygun dengan posisi miring maka akan berakibat tidak meratanya ketebalan lapisan pengecatan; cat akan berakibat tebal dan basah pada bidang yang dekat dengan kepala spraygun dan yang jauh akan lebih kering dan tipis lapisanya. Apabila lapisan luar tebal, maka cat basah pada lapisan atas akan lebih cepat mengering dibanding yang berada pada lapisan sebelumnya. Thinner akan menguap dari bawah pada lapisan sebelumya dan akan mengakibatkan ketidak sempurnaan hasil pengecatan.
Pada hasil penyemprotan miring yang jauh akan menghasilkan lapisan yang tipis dan mengerhng sebelum menempel pada permukaan bidang yang mana akan mengakibatkan cat seperti habis di cat ulang ( overspray ) bukanya hasil pengecatan baru ( sempurna / maksimal ).
Satu-satunya penggunaan pengecatan spraygun menggunakan posisi miring adalah saat mengecat spot repair. Spot cat atau partikel hasil semburan miring ini digunakan untuk tehnik aplikasi pengecatan blending warna yang lama dan baru supaya menimbulkan kesan menyatu di sekitar cat yang lama. Anda harus belajar tehnik penyamaan warna ini lebih dalam untuk meningkatkan skill anda sebelum anda mencoba mengaplikasikanya pada mobil.
Kap mesin dan atap mobil terletak pada bidang yang horisontal. Ini berarti anda harus memegang spraygun secara horizontal ketika mengecat , dan harus sama tebal lapisanya. Tergantung pada seberapa tinggi dan lokasi dari panel, Anda mungkin kesulitan mencapai tengah panel yang lebih besar. disarankan untuk memindahkan panel terlebih dahulu untuk memudahkan proses pengecatan untuk mendapatkan hasil yang maksimum .
Gunakanlah rak untuk menggantung kap mesin supaya proses pengecatan lebih mudah . Mulailah mengecat pada satu sisi kap mesin dan kemudian langsung dilanjutkan kebagian yang lain sampai selesai. Dengan cara demikian maka tidak perlu harus membungkuk pada body mobil yang dicat dan menyebabkan kotoran dari pakaian atau tubuh anda jatuh pada bidang pengecatan yang akan mengakibatkan noda pada pemukaan bidang yang akan dicat.
Untuk mencegah cat menetes di panel yang sedang dicat , akan lebih bagus apabila menyelotip / isolasi pada tutup cangkir wadah cat untuk menghindari cat goyang dan tumpah di permukaan pada bidang horizontal . Pada intinya perhatikan wadah cat ( masing masing type ) apabila menggunakan sistem sekrup maka harus diputar dengan kencang supaya tidak bocor.
Pegang spraygun sehingga kepalanya tegak lurus ke permukaan. Hal ini sangat penting. Lakukan apa yang diperlukan untuk menjamin posisi sudut sudah benar . Pindah dari satu panel ke panel yang lain dengan mulus, sambil berjalan stabilkan gerakan anda dan dan teruslah berlatih untuk mendapatkan cara yang benar, jadi pastikan anda berlatih menggunakan panel pengujian atau kertas. Semprotlah dengan tumpang tindih dengan setengah di panel body dan setengah lagi pada kertas penutup bidang ( koran ). Pertahankan dengan kecepatan yang sama dan pada jarak 6-10 inci dari bidang permukaan .
Mulailah mengecat pada bidang bagiaan tepi dan kemudian pada bidang utama. Dengan cara ini maka anda melakukan tehnik blending warna dengan tujuan membantu daya tutup bidang utama yang nantinya bisa digunakan untuk menghemat pengecatan ( dengan sedikit cat jika diperlukan ). Apabila anda mengaplikasikan langsung ketebalan semprotan ke bidang utama pengecatan langsung dan pinggiranya menyusul maka akan terjadi cat overspray / akan mengakibatkan hasil pengecatan yang tidak sempurna.
Untuk mengetahui berbagai macam spray gun anda bisa mengecek di toko cat mobil terdekat atau auto body store di kota anda. Anda akan mendapatkan informasi harga mulai dari sekitar Rp.80 rb sampai dengan jutaan rupiah tergantung dengan merek dan tingkat kualitas presisi. Cangkir tempat cat biasanya sudah termasuk dalam harga tercantum atau mungkin juga tersedia dalam bentuk aksesorisnya dengan harga tertentu tergantung masing - masing kegunaan dan kualitas spraygun.
Selain spray gun, anda juga dapat membeli bagian kepala spray gun yang menempel di spray gun dan juga sambungan katup suplai udara ( Di toko acessoris yang lengkap biasanya tersedia ). Kegunaan dari Nozzle / kepala spray gun adalah untuk membantu untuk menyempurnakan setting tekanan udara pada spray gun sehingga pola penyemprotan cat maksimal. Nantinya kita akan membahas lebih banyak tentang bagaimana mengatur / setting pola semprotan spray gun yang sempurna.
Jadi faktor pertimbangan apa yang paling penting dalam membeli spray gun ?
Jawabanya adalah tentu spray gun yang berkualitas. Belilah spray gun yang sudah terbukti awet dan tersedia suku cadangnya sehingga kita mudah untuk mendapatkanya apabila terjadi kerusakan pada spraygun. Daripada membeli merk spraygun import yang belum jelas dan mahal harganya, tentunya nanti juga akan merogoh kocek pengeluaran anda lebih dalam. cobalah sekali lagi mengecek di toko cat mobil atau toko peralatan dikota anda.
Apabila memungkinkan dan di toko tersebut ada sales representativenya yang memilili pengetahuan dan pengalaman langsung dari spraygun tersebut, berarti anda sangat beruntung dengan mendapatkan informasi dan literatur produk spraygunsecara langsung. Contoh misal : seperti kita ketahui kadang buku panduan spraygun tersebut menyarankan cara penyetingan tekanan udara pada jumlah bar tertentu. Sedangkan spray gun yang baru kita beli kadang tidak dapat digunakan pada bengkel kita yang menggunakan kompresor lebih kecil atau lebih besar dengan ukuran pk nya. Jika Anda tidak pernah mengetahui informasi dari orang yang berpengalaman langsung dengan spraygun tersebut kemungkinan spray gun anda tidak pernah anda operasikan dengan benar dan maksimal. Sehingga sangat mutlak anda meminta rekomendasi orang yang lebih berpengalaman ( dipraktekan ). Ingat, yang dapat mengecat dengan mengecat dengan baik tidaklah sama.
Apabila anda menggunakan spraygun konvensional (model lama) tekanan udara yang diperlukan kadang melebihi 60 psi. Dengan tekanan udara yang cukup tinggi ke permukaan bidang yang akan dicat akan menimbulkan lebih dari 65% dari bahan tersebut hilang karena cara penyemprotan yang berlebihan. Selain itu, tekanan udara yang tinggi beresiko menerbangkan debu dan kotoran yang akan jatuh pada bidang pengecatan dan akan menimbulkan ketidak sempurnaan hasil pengecatan.
Solusi yang lebih praktis adalah mengurangi tekanan angin pada kompresor anda, sehingga cat bisa keluar dari spray dengan baik dan melekat pada permukaan bidang. Secara otomatis hal ini lebih sedikit cat yang terbuang daripada penyemprotan bertekanan tinggi dan memantul pada permukaan bidang.
spraygun dan pola uji: spraygun memiliki dua sekrup setting kontrol yang terletak di bagian belakang atas dari spraygun yang berfungsi sebagai pengatur aliran udara dan pengontrol lebar semburan cat. Apabila spraygun di setting dengan benar akan menghasilkan pengecatan yang profesional dan akan awet apabila anda rajin untuk membersihkanya. Cara pembersihan akan di ulas nanti pada artikel ini.
Sekarang kita akan berlatih dan belajar bagaimana cara membuat pola semprotan yang benar, dan ini penting . Berbagai produk cat mempunyai rasio dan pola hasil semprotan yang berbeda-beda tergantung pada tekanan udara yang dianjurkan tiap produk cat. Untuk itulah anda diharuskan untuk mencoba-coba dan belajar, sehingga mempunyai ketrampilan mengenal masing masing karakteristik produk cat yang berbeda yang kemudian anda memperoleh ketrampilan dalam menyeting spraygun anda, dan mengetahui bagaimana cara mendapatkan pola semprotan yang paling bagus. Anda bisa memulai menyemprotkan pada kertas foto kecil untuk uji coba guna mendapatkan pola yang tepat. Saran saya, janganlah pernah memulai penyemprotan sebenarnya sebelum anda mendapatkan setting spraygun dan pola semprotan yang benar - benar sudah tepat.
Kadang-kadang pada waktu ditengah pengecatan ada pola yang tidak tepat. Untuk memeriksa itu, cobalah semprotkan cat pada kertas foto ujicoba tadi. Apabila ada kotoran atau perubahan pola, semprotlah dengan tekanan angin yang besar supaya kotoran yang ada didalam spraygun terbuang. Jika masih belum mau bagus coba periksa tombol tekanan udara. Jika pola masih cacat lepaskan spraygun dari selang dan bersihkan dengan seksama. Kemungkinan besar ada kotoran yang menyumbat dan pastikan sebelum anda melanjutkan kembali pengecatan.
Pada saat anda melihat pada bagian yang sulit dijangkau hasil pengecatan tidak sama, maka anda harus mengurangi tekanan udara pada spraygun anda dan mengukur area yang akan di aplikasi tersebut pada bidang lain untuk uji coba. Alternatif lain untuk memudahkan menjangkau bagian - bagian yang sulit, gunakanlah rak untuk mempermudah pengecatan. Baik itu rak yang bisa digantung, meletakan body panel, posisi miring atau mendapatkan sudut tertentu pada bidang pengecatan. Periksa kembali bagian bagian yang telah di cat dan pastikan tidak ada yang kurang dari hasil pengecatan tersebut.
Bagaimana cara membersihkan spraygun sehingga dapat selalu menghasilkan pola semprotan yang bagus dan selalu berpola sama setiap kali anda pakai untuk bermanuver?
Sebuah hal yang sangat penting untuk diingat adalah bahwa spraygun harus dibersihkan dan dipelihara secara konsisten setiap kali anda selesai menggunakanya, sehingga spraygun akan selalu bekerja dengan baik. Gelembung udara, material dapat menyumbat saluran spraygun apalagi cat yang sudah mengering dan material cat sangatlah sulit untuk dibersihkan. Anda HARUS !!! membiasakan membersihkan spray gun anda setiap kali anda selesai menggunakanya.
Isilah cangkir spraygun dengan thinner, kemudian sekalah dengan kain memutar yang akan membersikan cangir dari sisa material cat. Kemudian kosongkan thinner dengan cara menyemburkan dengan tekanan tinggi. Kemudian isi ulang kembali cangkir lagi 1/4 menggunakan thinner bersih dan semprot kali ini dengan gerakan dinamis menyumbat-membuka ujung jari ke kepala spraygun. Gerakan ini akan menghasilkan suara mendesis dan membersihkan lubang lubang di dalam spraygun ( pembersihan seperti mengocok dan mengaduk sisi dalam spraygun ). Isi kembali cangkir kira-kira 1/4 dengan thinner bersih dan semprot melalui ujung kepala spraygun sekali lagi. Pastikan Anda kemudian membersihkan cangkir secara menyeluruh.
Selanjutnya, semprot lagi dengan thinner melalui kepala dan pastikan hanya thinner yang keluar dengan bersih dan tidak adalagi cat yang tersisa, apabila masih terdapat sisa cat ulangi lagi proses diatas sampai benar - benar bersih. Saat sudah bersih, semprotkan udara kering pada spray gun untuk menghilangkan deposit thinner pada spray gun. Gunakan sikat khusus yang biasanya terdapat pada paket anda membeli spray gun untuk membersihkan sisa kotoran yang mengeras dan menyumbat pada saluran kepala spraygun atau gunakan sesuatu yang dapat menggores untuk membersihkan kotoran yang menyumbat dan mengganggu kinerja spraygun. Terakhir gunakan kain bersih untuk mengeringkan spraygun, simpanlah spraygun dengan posisi vertikal setelah dikeringkan
Memiliki spraygun yang berkualitas sangat penting untuk menghasilkan pengecatan yang profesional akan tetapi bukanlah segalanya.Cara menyemprotkan cat juga sama pentingya.
Anda harus selalu memegang spraygun pada sudut yang benar ke permukaan yang dicat dengan jarak 6-10 inci. Anda juga harus memperhatikan rekomendasi yang tertera pada manual book anda. Apabila anda tidak dapat melakukan posisi
tersebut maka pakailah tangga untuk mengecat bidang yang tinggi dan harus berjongkok pada posisi rendah. Hal ini untuk menghindari penumpukan cat pada bidang dan menimbulkan bercak-bercak atau tidak rata daya tutup catnya. Tangan anda harus bebas bergerak pada saat memegang selang udara dan jauhkan dari permukaan bidang pengecatan. Apabila anda memegang spraygun dengan posisi miring maka akan berakibat tidak meratanya ketebalan lapisan pengecatan; cat akan berakibat tebal dan basah pada bidang yang dekat dengan kepala spraygun dan yang jauh akan lebih kering dan tipis lapisanya. Apabila lapisan luar tebal, maka cat basah pada lapisan atas akan lebih cepat mengering dibanding yang berada pada lapisan sebelumnya. Thinner akan menguap dari bawah pada lapisan sebelumya dan akan mengakibatkan ketidak sempurnaan hasil pengecatan.
Pada hasil penyemprotan miring yang jauh akan menghasilkan lapisan yang tipis dan mengerhng sebelum menempel pada permukaan bidang yang mana akan mengakibatkan cat seperti habis di cat ulang ( overspray ) bukanya hasil pengecatan baru ( sempurna / maksimal ).
Satu-satunya penggunaan pengecatan spraygun menggunakan posisi miring adalah saat mengecat spot repair. Spot cat atau partikel hasil semburan miring ini digunakan untuk tehnik aplikasi pengecatan blending warna yang lama dan baru supaya menimbulkan kesan menyatu di sekitar cat yang lama. Anda harus belajar tehnik penyamaan warna ini lebih dalam untuk meningkatkan skill anda sebelum anda mencoba mengaplikasikanya pada mobil.
Kap mesin dan atap mobil terletak pada bidang yang horisontal. Ini berarti anda harus memegang spraygun secara horizontal ketika mengecat , dan harus sama tebal lapisanya. Tergantung pada seberapa tinggi dan lokasi dari panel, Anda mungkin kesulitan mencapai tengah panel yang lebih besar. disarankan untuk memindahkan panel terlebih dahulu untuk memudahkan proses pengecatan untuk mendapatkan hasil yang maksimum .
Gunakanlah rak untuk menggantung kap mesin supaya proses pengecatan lebih mudah . Mulailah mengecat pada satu sisi kap mesin dan kemudian langsung dilanjutkan kebagian yang lain sampai selesai. Dengan cara demikian maka tidak perlu harus membungkuk pada body mobil yang dicat dan menyebabkan kotoran dari pakaian atau tubuh anda jatuh pada bidang pengecatan yang akan mengakibatkan noda pada pemukaan bidang yang akan dicat.
Untuk mencegah cat menetes di panel yang sedang dicat , akan lebih bagus apabila menyelotip / isolasi pada tutup cangkir wadah cat untuk menghindari cat goyang dan tumpah di permukaan pada bidang horizontal . Pada intinya perhatikan wadah cat ( masing masing type ) apabila menggunakan sistem sekrup maka harus diputar dengan kencang supaya tidak bocor.
Pegang spraygun sehingga kepalanya tegak lurus ke permukaan. Hal ini sangat penting. Lakukan apa yang diperlukan untuk menjamin posisi sudut sudah benar . Pindah dari satu panel ke panel yang lain dengan mulus, sambil berjalan stabilkan gerakan anda dan dan teruslah berlatih untuk mendapatkan cara yang benar, jadi pastikan anda berlatih menggunakan panel pengujian atau kertas. Semprotlah dengan tumpang tindih dengan setengah di panel body dan setengah lagi pada kertas penutup bidang ( koran ). Pertahankan dengan kecepatan yang sama dan pada jarak 6-10 inci dari bidang permukaan .
Mulailah mengecat pada bidang bagiaan tepi dan kemudian pada bidang utama. Dengan cara ini maka anda melakukan tehnik blending warna dengan tujuan membantu daya tutup bidang utama yang nantinya bisa digunakan untuk menghemat pengecatan ( dengan sedikit cat jika diperlukan ). Apabila anda mengaplikasikan langsung ketebalan semprotan ke bidang utama pengecatan langsung dan pinggiranya menyusul maka akan terjadi cat overspray / akan mengakibatkan hasil pengecatan yang tidak sempurna.
0 komentar:
Posting Komentar