Rabu, 18 Januari 2012

Cat Body Mobil Warna Silver Agar Tidak Gosong / Menghitam

Bengkel biasanya merasa sudah berjuang keras dengan berbagai teknik agar warna mobil bisa sama dengan originalnya.
Ada beberapa yang memang warnanya lebih sulit cara pengecatanya dibandingkan warna yang lain, dan kelihatanya tidak mungkin untuk di samakan dengan maksimal originalnya dalam pengecatanya.

Pengecatan mobil warna silver Metalic harus dilihat dari berbagai sudut yang benar - benar berbeda dari arah depan, samping, juga pola besar kecil dan alur metalic yang harus juga diperhatikan secara seksama.

Beruntungnya saya mempunyai Trik tahap pengecatan metalik yang mudah.

Oplos / Campur Warna

Dari semua tahap pengecatan metalik mixing colour adalah tahap yang penting dari proses pengecatan, dan proses ini haruslah segera diselesaikan.
Letakkan hasil pencampuran warna yang telah disemprotkan pada media test pada panel bidang yang akan di blending warnanya dan mundurlah beberapa langkah dan berjalan ke depan dan belakang untuk melihat hasil uji kecocokan warna pada panel dengan bidang yang akan dicat. Ingatlah berbagai perbedaan warna yang mencolok pada sudut pandang yang berbeda dan bayangkan bagaimana anda akan melakukan pemblendingan warna dan bagaimana cara menyemprotnya nanti.
Apakah warna campuran perlu di perbaiki?
Apakah harus melakukan extra blending warna Pengecatan pada panel yang lain?
Anda juga harus merencanakan segala sesuatu yang mungkin terjadi nantinya pada saat proses pengecatan.

Mempersiapkan Bidang Yang akan Di Cat

Pada saat melakukan pengecatan metalik tahap persiapan sebelum pengecatan atau persiapan permukaan bidang yang akan dicat haruslah benar - benar bagus. Kalau hanya guratan amplas atau permukaan yang kasar bukanlah masalah yang serius dalam pengecatan normal, akan tetapi menjadi 10 kali lipat pada saat anda mengecat warna silver Kijang Inova 1CO, opal silver TOYOTA, grace silver HONDA, dan warna silver cerah yang lainya..

Lakukan semua proses dengan cermat dan jangan tergesa - gesa. Lakukan proses pengamplasan bagian yang lecet dengan lembut dan jangan terlalu banyak tekanan.
Dengan melakukan persiapan pengecatan yang cermat mengurangi resiko permukaan pengecatan berkerut dan metalik yang tidak merata.

Cara Penyemprotan Spraygun

Faktor kegagalan yang paling utama adalah karena pemakaian spraygun dan cara penyemprotan yang salah.
Pada saat anda melakukan blending warna silver inova 1CO setting semprotan kepala spraygun harus difokuskan pada titik bidang penyemprotan. Berkonsentrasilah dengan teknik penyemprotan pada berbagai pengecatan dengan efek warna yang menipu. Cobalah untuk lebih memperhatikan pada tiap sapuan gerakan spraygun. Pastikan jarak penyemprotan anda selalu konsiten atau tetap.
Gunakanlah cat dengan lapisan medium basah dengan banyak lapisan. Sebagai catatan " basah " disini berarti menggunakan reducer yang cocok pada pengecatan. Basah tidak berarti tebal, juga bukan berarti anda harus mengecat seperti anda harus mengubur sesuatu.

Semprotkan cat normal pada area repair yang telah di aplikasikan primer. Saat telah tertutup seluruhnya anda akan melihat perbedaan warna yang mencolok pada area repair dan daerah sekitarnya. Biarkan kering lapisan cat silver tersebut selama kurang lebih 10 s.d 15 menit pada suhu 25 C. Setelah kering aplikasikan silver tipis tipis hanya untuk blending, biasanya membutuhkan 2 lapisan saja sudah cukup. Saat sudah kering kurang lebih 10 s.d 15 menit pada suhu 25 C gunakanlah tack cloth pelan pelan pada seluruh permukaan panel sebelum melapisinya dengan clear coat.

Blending proses adalah untuk mendapatkan hasil pengecatan yang bagus dan indah. Hasil pengecatan Blending warna yang tidak mudah terdeteksi adalah sebuah indikasi yang memisahkan tukang cat profesional, yang masih belajar, ataupun tukang cat yang masa bodoh.
Menghasilkan transisi warna yang sempurna dari cat baru ke cat lama adalah keindahan seni yang membanggakan pada saat anda mengetahui banyak yang lain selalu gagal dalam pencapaian pengecatan ini.

Apabila anda harus memblending pada panel yang berdekatan janganlah malu untuk melakukanya. Banyak bengkel cat yang tidak melakukan teknik ini. Berapa banyak anda perhatikan kegagalan pengecatan blending warna ini gagal pada saat anda memperhatikan di jalan raya.
Keberhasilan pengecatan blending warna bukanlah ditentukan dari seberapa banyak panel yang tidak di cat, akan tetapi bagaimana membuat cat mobil tidak kentara pada pertama kali orang melihat hasil pengecatan anda.

Selalu gunakan sedikit pengecatan / tipis perbandingan thinner lebih banyak daripada catnya pada panel yang diblending untuk membantu memeriksa perubahan yang terjadi supaya dapat dilakukan pengulangan lapisan untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus.
Apabila kelihatan metalik yang tidak rata pada permukaan, gunakanlah tack cloth untuk menyapu / menghilangkan metalik yang tidak diinginkan / jelek.
Koordinasi antara mata dan spraygun anda penting juga. Lebih banyak anda terfokus pada proses blending warna pengecatan anda akan lebih bagus.
Janganlah konyol untuk melakukan pengecatan blending warna / spot repair pada bagian tengah kap mesin mobil. Gunakanlah lekukan atau garis untuk menyamarkan bekas blending warna ini untuk membantu menghilangkanya. Dengan mengecat full pada bagian kap mesin dan sedikit blending ke dua belah fender merupakan cara yang paling benar.

terdapat bekas hitam atau bayangan gelap pada body mobil yang dicat terlebih lagi akan nampak apabila setelah pengaplikasian clear coat. Hal ini bisa terjadi karena banyak faktor. Biasanya apabila anda mempunyai kebiasaan pola pikir bahwa biar lambat asal selamat, hal ini bukanlah menjadi masalah besar buat anda. Apabila anda mengurangi kecepatan ritme penyemprotan pada area blending sebelum masking tape ( area isolasi ) dan menggunakan tack cloth, kecil kemungkinan akan timbul hasil pengecatan yang gosong, karena cat yang kering akan berada di atas masking area / koran penutup.
Hal lain adalah apabila anda menggunakan campuran thinner jenis slow yang lebih banyak untuk menjaga cat tetap basah saat melekat pada bidang tepi dan tidak akan menghasilkan lapisan dasar yang kering pada saat ditindih menggunakan lapisan berikutnya (cat yang overspray kering sebelum waktunya). Anda harus disiplin pada saat blending warna ini dengan menerapkan tahap - tahap penyamaan warna pengecatan yang benar untuk menghindari hasil pengecatan yang jelek. Semua teknik pengecatan hendaknya anda gabungkan untuk menjadi seorang maestro pengecatan. Marilah kita semua terus belajar dari kesalahan untuk mendapatkan hasil pengecatan yang lebih bagus daripada sebelumnya. Yang lebih penting Perjuangan mengecat warna warna sulit tidak pernah selesai dan masih banyak tantanganya.

0 komentar:

Posting Komentar