Rabu, 18 Januari 2012

Perbaikan Karat Body Mobil Yang Keropos

Selama masih ada air dan garam di jalan dan udara dan selama mobil anda terbuat dari baja, akan selalu memerlukan perawatan perbaikan mobil dari karat. Meskipun teknologi mengenai undercoat dan anti karat mengalami kemajuan, karat masih merupakan sebagai ancaman besar.

Mengapa karat memerlukan perhatian yang besar bagi pengemudi?
Pada saat musim hujan pasir dan garam pada jalan berpengaruh besar pada logam baja kendaraan anda. Garam adalah media penyebab karat yang langsung menggerogoti bodi mobil anda dalam beberapa tahun. Air juga merupakan faktor utama penyebab karat pada iklim daerah yang cenderung panas. Perbaikan karat merupakan hal yang lebih penting dan urgent dilakukan daripada perbaikan kerusakan akibat tabrakan. Tergantung di daerah mana anda sering menggunakan kendaraan anda, kadar garam, suhu, dan air.
Apabila anda menjumpai karat kecil pada mobil anda, harus anda telusuri apakah karat tersebut berada hanya pada permukaanya saja, ataukah masuk sampai kedalam seluruh bagian panel.
Karat yang terjadi pada permukaan dapat dengan mudah di bersihkan dengan pengamplasan dan kemudian menggunakan epoxy khusus logam untuk mencegah timbulnya karat.
 Apabila karat sudah terlalu banyak dan menyebar pada permukaan plat, dianjurkan memperbaiki pada bidang yang lebih luas sebelum dicat lagi.
Dapat juga digunakan cairan remover cat, kemudian dilanjutkan mengggunakan epoxy primer.
Pada kasus tertentu harus dilakukan perbaikan dengan cara menambal menggunakan panel plat yang baru ( dilas ) di panel yang berkarat dan sudah keropos.

Cara Pengamplasan Untuk Membersihkan Karat.

Untuk membersihkan permukaan karat pada logam yang padat gunakanlah amplas ukuran 80 dan 100.
Jika semua karat sudah terangkat , gunakanlah degreaser dengan cara mengelapnya. Selanjutnya aplikasikan epoxy primer surfacer. Apabila ada body mobil yang masih penyok setelah epoxy primer, gunakanlah dempul sebelum memulai pengamplasan.

Menghilangkan Karat dengan cara Penggantian panel yang baru.

Untuk panel yang sudah parah karatnya, lebih baik diganti dengan yang baru. Tidaklah menjadi soal apabila anda menganti panel dengan yang asli dari pabriknya, ataupun dengan panel afkiran. Yang penting sesuai dengan harga budget anda.
Pada Proses awal, pengantian panel agak berbeda karena mengacu pada panel lainya yang tidak ikut diganti. Pastikan anda menggunakan thinner atau degreaser sebelum memulai proses apapun. setelah itu gunakan scotch brite atau amplas untuk mengkusamkan permukaanya sehingga primer dan cat akan melekat dengan baik.
Penggunaan primer harus dilakukan sebelum anda memasang panel pada bodi mobil harus anda INGAT. Hal ini bertujuan supaya pengaplikasian cat akhir lebih mudah dalam blending warna pada saat panel telah dipasang dengan baik.

Memasang Panel Body Yang Telah di Tambal.

Panel tambalan (sudah dilas )biasanya digunakan pada perbaikan mobil tua.
Penambalan panel adalah cara yang paling bagus untuk bagian bawah pintu dan bagian lain dari bodi yang harus diperbaiki.
Jangan khawatir apabila pengelasan bodi mobil tidak terlalu banyak / luas dari bagian yang harus ditambal. Hal ini patut diusahakan untuk perbaikan bentuk bodi mobil yang rusak.
Untuk memasang panel tambalan tentu saja harus dilakukan pemotongan bagian plat yang rusak dahulu, supaya panel tambalan dapat dilas dibagian yang rusak tersebut.
Pemotongan bagian dapat menggunakan alat las, gerinda, gergaji dll.
Setelah anda melepas bagian yang rusak, ukur panel tambalan pada bagian yang akan ditambal, periksa apakah sudah tepat posisinya. Selanjutnya jepit pada posisi yang tepat, dan kemudian baru dilakukan proses pengelasan.
Jenis las yang anda gunakan tergantung pada panel yang akan anda tambalkan. Jenis alat las yang anda punyai tergantung juga pada ketrampilan anda mengelas.
Setelah anda selesai mengelas, bersihkan tambalan tersebut menggunakan degreaser atau thinner, gunakan epoxy primer, dempul, epoxy surfacer dan selesaikan perbaikan body di daerah tambalan tersebut sebelum menggunakan cat finishing.

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar