Rabu, 18 Januari 2012

Tahapan Perontokan cat dan Karat Mobil

Jumlah cat lama yang akan anda rontokan tergantung pada kondisi cat itu sendiri, apakah mobil tersebut membutuhkan perbaikan atau seberapa banyakkah pengecatan itu akan dilakukan.

Anda dapat langsung mengaplikasikan cat baru di atas cat yang lama sesudah melakukan pembersihan semua material dan cat lama yang telah teroksidasi dengan mudah dan baik.

Apabila anda tidak ingin melakukan pengecatan diatas material cat ( menimpa cat lama ) dan ingin melakukan pengamplasan, sehingga anda dapat melakukan proses pertama diatas plat langsung yang merupakan proses pengecatan pilihan anda sendiri.

Anda harus menggunakan lapisan bawah yang sesuai dengan lapisan cat diatasnya yang ingin anda gunakan. Proses ini akan memberikan jaminan hasil yang pasti dan mengurangi permasalahan yang akan timbul nantinya dalam proses pengecatan ulang mobil bagi anda.

Apabila kendaraan tidak memerlukan perbaikan panel, anda perlu mengupasnya sampai pada dasar plat logam mobil, sehingga material filler dapat melekat dengan bagus pada body mobil.

Apabila anda menginginkan cat mobil yang berkilau dan tidak kusam lagi sehingga anda harus melakukan cat ulang pada mobil anda, maka hal yang perlu anda pertimbangkan adalah:
  • Apakah cat yang ada sudah terlalu tebal untuk dilakukan finishing lagi ?
  • Apakah bodi mobil sudah keropos semua ?
  • Apakah anda akan mengecat full body atau beberapa panel saja ?

Anda harus menentukan berapa banyak mobil anda yang harus dicat. Apabila anda tidak pasti sebaiknya anda bertanya kepada bengkel yang terdekat.

Cara yang paling benar untuk merontokan cat lama adalah mengetahui bagaimana permukaan cat tersebut.

Gunakanlah paint remover cat untuk mengupas bagian body kendaraan apabila memang tidak memerlukan repairing terlebih dahulu.

apabila cat tersebut telah mengalami keretakan, mengelupas, menggelembung lebih baik dikelupas semuanya sampai dasar pelatnya.

Jika cat yang telah ada tidak melekat dengan baik, maka cat apapun yang melekat diatasnya nanti juga tidak akan dapat melekat dengan baik.

Pengupasan cat dapat dilakukan dengan :
  • Pengamplasan
  • Kimia perontok cat

Proses Pengamplasan
Dianjurkan menggunakan clean stripper semacam amplas piringan yang bisa digunakan pada alat gurinda. Cara penggunaanya dengan sudut tertentu dan sebaiknya diputar pada kecepatan dibawah 12000 rpm.

clean strip disc ini akan mengupas cat dengan cepat dan efektif tanpa menimbulkan panas yang tinggi, sehingga tidak merusak panel body.
Amplas striper ini juga di rekomendasikan setelah penggunaan remover kimia.

Dengan kecepatan putaran yang tinggi akan menghilangkan cat dengan cepat. Kelebihan lain dari menggunakan amplas striper disk ini adalah : Dapat dengan mudah menghilangkan karat dan menghasilkan permukaan yang kasar pada pelat logam, sehingga akan menjadikannya ideal untuk melekatnya primer pada permukaanya.

JANGANLAH Menggunakan striping disk ini pada bagian lain dari mobil yang tidak perlu diperbaiki.

0 komentar:

Poskan Komentar